PROGRAM

FLOBAMORAVERSE

Flobamoraverse adalah ruang temu, sekaligus menjadi ruang berlajar dan berbagi untuk generasi muda flobamora khususnya para gegiat dan penggiat digital entrepreneur dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan teknologi guna mewujudkan generasi muda flobamora kreatif, inovatif dan kolaboratif.

HUMBAFEST

HUMBA FEST 2022 memperdengarkan gagasan dan sudut pandang para aktor lokal dalam menjaga geliat kreativitas di Sumba. Sejumlah narasumber terpilih akan memaknai rangkaian festival kali ini dengan berbagi pengalaman berkarya masing-masing, selaras upaya mengawal bersama berbagai isu sosial di Tana Humba.

Momentum berbagi kali ini berangkat dari buku Humba 2045, sebuah konsepsi berupa rancang gagasan (masterplan) peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Generasi Sumba sebagai peta jalan menuju Indonesia Maju 2045.

BUKU: HUMBA 2045 "Revolusi Kognitif Generasi Sumba"

Humba 2045 merupakan konsepsi berupa rancang gagasan (masterplan) peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Generasi Sumba sebagai peta jalan menuju Indonesia Maju 2045. Berangkat dari konsep Revolusi Kognitif yang mengajak kita menjelajah kembali kemampuan dasar manusia (Homo Sapiens) dalam bertahan hidup, sejumlah tulisan mengenai budaya masyarakat Marapu dan potensi generasi muda Sumba dalam Humba 2045 dapat menjadi cerminan bagaimana sejarah peradaban awal manusia dapat mengawal cita-cita Bangsa Indonesia. Mulai dari hidup berdampingan dengan para leluhur dalam budaya batu kubur (Megalitik) di kampung-kampung adat, rancang Humba Academy sebagai laboratorium kreatif berbasis literasi, hingga bambu sebagai orientasi arsitektur Sumba di masa depan.


“KEMBALIKAN KIBLAT PENDIDIKAN DASAR 'BUDI PEKERTI’ KITA TERHADAP FILOSOFI HIDUP LELUHUR BANGSA INDONESIA.”

BILLY BONDUN NFT PROJECT

HUMBA 2045 SERIES

Humba 2045 merupakan konsepsi berupa rancang gagasan (masterplan) peningkatan sumber daya manusia (SDM) Generasi Sumba sebagai peta jalan menuju Indonesia Maju 2045.

Tujuan meng-NFT-kan gagasan pemikiran dalam buku Humba 2045 adalah sebagai langkah pengarsipan; dokumentasi dan publikasi digital sekaligus upaya membawa kearifan Leluhur dari masa lalu ke masa kini dan tentunya ke masa depan (fungsi edukasi).

NFT adalah kepemilikan aset digital yang dibuktikan dengan sertifikat digital sebagai bukti kepemilikan barang digital yang dapat dibeli dengan mata uang kripto yang tentunya didukung oleh teknologi Blockchain web 3.0.

LABUANBAJO.CITY

Smart City Digital Use Case & Action Plan

Kami menyadari bahwa kota Labuan Bajo tidak cukup hanya dibangun infrastruktur fisik seperti penataan kota secara umum, pembangunan Dermaga Nusantara sebagai pelabuhan penumpang dan pelabuhan multipurpose, penataan Gua Batu Cermin sebagai destinasi pariwisata berbasis geopark yang dilengkapi dengan museum kebudayaan serta flora & fauna, dan pembangunan Waringin Creative HUB yang berlokasi di Puncak Waringin sebagai etalase cinderamata, kerajinan dan berbagai produk UKM/UMKM, sekaligus sebagai ruang kolaborasi bagi komunitas-komunitas kreatif di Labuan Bajo. Selain pembangunan infrastruktur fisik yang tersampaikan sebelumnya, kota Labuan Bajo juga perlu diakselerasi dengan infrastruktur digital.

Sumba.TV adalah program siaran berbasis broadband internet (website) yang bertekad menyuarakan kehidupan, kearifan, budaya, kultur, tradisi dan juga karya-karya kreatif, inovatif untuk membangun kehidupan berbangsa, Bangsa Indonesia.

Sumba Channel adalah kanal program yang disiapkan oleh SumbaMedia HUB guna menyiarkan program acara Sumba.TV diluar website www.sumba.tv.

Sumba.TV adalah program siaran berbasis broadband internet (website) yang bertekad menyuarakan kehidupan, kearifan, budaya, kultur, tradisi dan juga karya-karya kreatif, inovatif untuk membangun kehidupan berbangsa, Bangsa Indonesia.

Sumba Space

Sumba.TV Creative Space "Sumba Space" Adalah Ruang Temu Kreatif Kolaboratif Insan maupun Komunitas Kreatif di Sumba.

Sumba Space direncanakan dibangun di kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur dan di kota Waibakul, Kabupaten Sumba Tengah, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sumba Culture Trip

Sumba Culture Trip adalah perjalan pariwisata budaya yang mengajak peserta mengenal, mempelajari dan menyusuri kearifan budaya leluhur Orang Sumba sebagai bagian dari jati diri Bangsa Indonesia.

Perjalanan menelusuri alam dan budaya Sumba akan direkam, didokumentasikan dan ditayangkan Sumba.TV melalui program acara 'Sumba Culture Trip', dimana para peserta akan menjadi HOST dari perjalanan mereka di Sumba, mereka akan menceritakan aktivitas, pengalaman dan kenangan mereka selama proses mengenal dan belajar dari alam, budaya dan masyarakat adat di Pulau Sumba.

KIOS #NTTGoDi

KIOS adalah platform digital (e-commerce & Marketplace) yang dibangun dan dikelola oleh SumbaMedia HUB | Sumba.TV.

Program #NTTGoDi adalah program yang mendorong, mengajak dan mengkurasi UMKM NTT yang visi dan karyanya berkaitan dengan produk - produk lokal nusantara, produk masyarakat kampung adat, produk yang diproduksi di rumah - rumah rakyat.

Brand - brand lokal akan dihimpun dan dikurasi untuk menembus peluang pasar global melalui kanal - kanal digital SumbaMedia HUB.

Sumba.TECH

Menyadari perkembangan dan kemajuan teknologi yang kian cepat, SumbaMedia HUB terdorong untuk berpastisipasi dalam memajukan ilmu pengetahuan berbasis teknologi, Kami akan mengajak generasi muda untuk berkolaborasi dan melahirkan karya - karya baru.

Sumba The Journey

Kemasan Komunikasi Proses Pemetaan dan Pemutakhiran Potensi Pulau Sumba Dalam Format Live Journey. Peneliti, Ahli, Surveyor, Fotografer, Videografer serta para Relawan akan berkolaborasi dan bekerja bersama.

Arsitek Kampung

Kampung – kampung adat adalah situs peninggalan leluhur orang Sumba yang menceritakan kearifan dan filosofi hidup leluhur orang Sumba. Maka sebagai generasi penerus sudah sewajarnya generasi muda Sumba melestarikan kampung – kampung adat sehingga generasi selanjutnya setelah kita masih bisa merasakan dan belajar dari situs peninggalan leluhur mereka.

Revitalisasi kampung adat harus kita lalukan secepat mungkin agar dimasa depan generasi muda atau generasi setelah kita masih mau dan nyaman mendiami kampungnya. Fasilitas hunian modern harus disinergikan dengan rumah – rumah di kampung adat. Kampung adat pintar, bersih dan mandiri adalah tiga hal pokok yang harus diaplikasikan pada revitalisasi kampung adat.

Portal digital Tenun Ikat Sumba dibuat untuk mendukung Program Jalur Tenun Sumba atau Sumba Silk Road yang diinisiasi oleh Rumah Asuh yang bekerja bersama masyarakat adat dan didukung sepenuhnya oleh pecinta dan pelestari tenun ikat, designer dan donatur gotong royong sebagai upaya untuk melestarikan dan memperkenalkan tenun ikat Sumba kepada masyarakat umum sekaligus mengangkat tenun ikat Sumba ke taraf yang lebih tinggi.

SPACE

Space Civil Architecture adalah program magang/kerja praktek (KP) yang diselenggarakan CivilARC INDONESIA | CivArch design studio

FLORES experience

Melihat perkembangan dan peningkatan kualitas kopi Bajawa Flores, kopi yang telah dikenal oleh pencinta kopi diseluruh dunia. SumbaMedia HUB ingin memulai program dokumentasi dan publikasi Flores berbasis liputan, data dan penelitian yang berkelanjutan melalui kopi Flores Bajawa ini dan program ini diberi nama "FLORES experience".

Sebelumnya SumbaMedia HUB telah merilis program dengan konsep yang sama yaitu "Sumba The Journey".