WEB 3.0 Adalah Masa Depan Digital Kita

Web 3.0 atau W3 sangat terkait dengan konsep masa depan internet dengan kontribusi teknologi blockchain. W3 adalah sebuah versi ideal dari web yang dibuat untuk pengguna dan mengandung nilai kebebasan, demokrasi, dan kepemilikan. Web 3.0 saat ini masih dalam tahap pengembangan awal dan terus mengalami perkembangan/pertumbuhan.

Web 3.0 bisa menjadi perombakan besar-besaran tentang bagaimana kita terlibat dengan web dan satu sama lain. Ini bisa dengan mudah menjadi platform yang menjanjikan untuk berbagai hal mulai dari media sosial, permainan, layanan keuangan hingga perdagangan NFT.

Perkembangan Internet WEB 1.0-WEB 3.0

Sebelum kita berbicara tentang W3, mari kita jelajahi dahulu perkembangan internet. Web yang kebanyakan kita kenal sekarang sangat berbeda dari yang dibayangkan semula. Untuk memahami hal ini dengan lebih baik, akan sangat membantu jika membagi sejarah singkat web menjadi periode Web 1.0, Web 2.0 hingga Web 3.0.

WEB 1.0

Pada tahun 1989, di CERN, Jenewa, Tim Berners-Lee sibuk mengembangkan protokol yang akan menjadi World Wide Web cikal bakal internet. Idenya? Untuk membuat protokol terbuka dan terdesentralisasi yang memungkinkan berbagi informasi dari mana saja di Bumi.

Konsep web pertama yang diciptakan Berners-Lee, sekarang dikenal sebagai ‘Web 1.0’, terjadi kira-kira antara tahun 1990 hingga 2004. Web 1.0 sebagian besar adalah situs web statis yang dimiliki oleh perusahaan, dan hampir tidak ada interaksi antara pengguna, individu jarang menghasilkan konten terkemuka. Web 1.0 dikenal sebagai web read-only.

WEB 2.0

Periode web 2.0 dimulai pada tahun 2004 dengan munculnya platform media sosial. Alih-alih read-only, web berkembang menjadi read-write. Perusahaan menyediakan konten kepada pengguna, mereka juga mulai menyediakan platform untuk berbagi konten yang dibuat pengguna dan terlibat dalam interaksi pengguna-ke-pengguna.

Semakin banyak orang yang online, segelintir perusahaan top mulai mengontrol jumlah lalu lintas dan nilai yang dihasilkan di web secara tidak proporsional. Web 2.0 juga melahirkan model pendapatan yang didorong oleh iklan. Meskipun pengguna dapat membuat konten, mereka tidak memilikinya atau mendapat manfaat dari monetisasinya.

WEB 3.0

Premis ‘web 3.0’ diciptakan oleh salah satu pendiri Ethereum, Gavin Wood, tidak lama setelah Ethereum diluncurkan pada tahun 2014. Gavin memberikan solusi untuk masalah yang dirasakan oleh banyak pengadopsi kripto awal: Web 3.0 dibangun di atas konsep inti desentralisasi, keterbukaan, dan utilitas pengguna yang lebih besar.

Gavin menganggap sebagian besar web yang dikenal dan digunakan orang saat ini, bergantung pada kepercayaan segelintir perusahaan swasta untuk bertindak demi kepentingan terbaik publik. Web 3.0 memiliki potensi untuk menyediakan pengguna dengan utilitas yang jauh lebih besar, melampaui media sosial, streaming, dan belanja online yang terdiri dari sebagian besar aplikasi web 2.0 yang digunakan konsumen.

Fitur Inti Web 3.0 dan Kedekatan Blockchain

Web 3.0 telah menjadi istilah umum untuk visi internet di masa depan yang lebih baik. Pada intinya, W3 menggunakan blockchain, aset kripto, dan NFT untuk memberikan kekuatan kembali kepada pengguna dalam bentuk kepemilikan.

Fitur inti Web 3.0, seperti desentralisasi dan sistem tanpa izin, juga akan memberi pengguna kendali yang lebih besar atas data pribadi mereka. Ini dapat membantu membatasi praktik ekstraksi data yang mengacu pada informasi yang dikumpulkan dari pengguna web tanpa persetujuan mereka. W3 juga melepas konsep mengekang efek jaringan yang memungkinkan perusahaan raksasa teknologi melakukan monopoli melalui praktik periklanan dan pemasaran yang eksploitatif.

Hambatan Perkembangan Web 3.0

Terlepas dari banyak manfaat web3 dalam bentuknya saat ini, masih ada banyak hambatan yang harus diatasi oleh ekosistem agar dapat berkembang. Seperti di antaranya berikut ini:

Aksesibilitas

Web3 cenderung tidak diaplikasikan di negara berkembang yang kurang memiliki kestabilan keuangan yang cukup, karena biaya transaksi yang tinggi. Sehingga belum bisa dijangkau oleh semua orang. Teknologinya sudah siap, tetapi butuh tingkat adopsi yang lebih tinggi untuk membuat web3 dapat diakses oleh semua orang.

Edukasi

Hambatan teknis untuk masuk menggunakan web3 saat ini terlalu tinggi. Pengguna harus memahami masalah keamanan, memahami dokumentasi teknis yang kompleks, dan menavigasi antarmuka pengguna yang tidak intuitif. Inisiatif edukasi yang menginformasikan para pengguna web2 tentang paradigma web3 ini sangat penting untuk keberhasilannya.

Infrastruktur

Ekosistem web3 masih muda dan berkembang pesat. Akibatnya, saat ini sebagian besar bergantung pada infrastruktur terpusat (GitHub, Twitter, Discord, dan lainnya). Banyak perusahaan web3 bergegas mengisi celah ini, tetapi membangun infrastruktur yang andal dan berkualitas tinggi membutuhkan waktu.