FLOBAMORAVERSE SUDAH ADA DI JAGAT NUSANTARA

Flobamoraverse adalah ruang temu, sekaligus menjadi ruang berlajar dan berbagi untuk generasi muda flobamora khususnya para gegiat dan penggiat digital entrepreneur dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan teknologi guna mewujudkan generasi muda flobamora kreatif, inovatif dan kolaboratif.

Sebelumnya kami memanfaatkan platform engagevr.io, namun kini ada platform buatan anak negeri yang bernama "Jagat Nusantara" play.jagat.io yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo bertepatan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2022 di The Ballroom Djakarta Theater.

"Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahim, pada sore hari ini secara resmi saya luncurkan Jagat Nusantara," Presiden Joko Widodo. Dalam platform digital Jagat Nusantara nampak Presiden Joko Widodo versi avatar yang mengajak para peserta memasuki kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) versi digital.

Platform digital Jagat Nusantara merupakan gambaran dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang dalam dunia nyata masih dalam tahap pembangunan. Founding Chairman Jagat Nusantara, Wishnutama Kusubandio mengatakan bahwa Jagat Nusantara adalah platform media sosial masa depan, platform e-commerce masa depan, serta platform olahraga dan hiburan masa depan. Ia berharap, platform ini dapat menjadi jembatan antara ekonomi digital dan ekonomi riil. Di platform digital Jagat Nusantara, pengguna dapat mengadakan rapat, pertemuan, nonton bareng film, konser virtual, pertunjukan, memamerkan karya digital, dan interaksi lainnya hanya menggunakan telepon genggam dan website.

"Kami juga sedang mempersiapkan platform ini untuk menjadi the next real estate platform untuk IKN melalui tokenisasi lahan. Bayangkan jika kita dapat memiliki lahan virtual yang juga mewakili kepemilikan lahan yang sesungguhnya nanti di IKN," kata Wisthnutama.

Dia menambahkan bahwa Jagat Nusantara merupakan hasil kolaborasi anak muda Indonesia untuk menghadirkan IKN dalam dunia virtual yang berangkat dari inisiasi Jokowi.

Co-Founder dan CEO Jagat Barry Beagen mengatakan saat ini, platform Jagat Nusantara menyuguhkan sensasi metaverse IKN di mana pengguna bisa merasakan pengalaman berada di IKN, tepatnya di Titik Nol sebagai downtown (pusat kota) baru serta Istana Negara.

"Jadi, ini juga suatu yang kita hadirkan di 3D. Supaya ini juga bisa dirasakan interkasi 2D dan 3D interaksinya akan beda," sambung Barry. Nantinya, Jagat akan terus mengembangkan ruang maupun interaksi baru dan diharapkan agar bisa membangun kreativitas generasi baru di Jagat Nusantara, khususnya kalangan muda.

Untuk aplikasinya, pengguna dapat memanfaatkan Jagat untuk mengadakan rapat, pertemuan, nonton bareng (nobar) film. Tak hanya itu, pengguna juga bisa menjajal pengalaman menonton konser virtual, pertunjukan dan showcase karya digital, dan interaksi imersif lainnya. Jagat Nusantara akan dikembangkan secara bertahap dengan mengumpulkan berbagai masukan dan menganalisis perilaku in-app dari pengguna untuk membuat lebih banyak inovasi sebagai platform inklusif. Nantinya, hal ini bertujuan dalam memenuhi kebutuhan ekspresi lebih banyak masyarakat Indonesia.

Mengakses situs play.jagat.io untuk masuk ke Jagat Nusantara. Berikut caranya: Kunjungi situs play.jagat.io Lalu, klik "Enter JAGAT" Klik "Create Account" untuk membuat akun baru Masukkan email aktif pada kolom yang tersedia dan klik "Send Code" Tunggu sampai Jagat mengirimkan kode verifikasi sebanyak enam digit ke email Setelah menerima email berisi kode verifikasi, ketik kode tersebut ke kolom ersedia dan klik "Next" Selanjutnya, buat kata sandi atau password Halaman akan menampilkan tulisan "Welcome to JAGAT" Ketik nickname atau nama panggilan dan pilih gender yang diinginkan, klik "Next" Buat avatar dengan memilih pakaian, gaya rambut, dan sesuai keinginan Setelah avatar selesai dibuat, klik "Confirm" Halaman situs kemudian akan menampilkan avatar yang sudah Anda buat. Pada halaman ini, avatar Anda akan disambut oleh Presiden Jokowi yang jug dalam bentuk avatar. Di sini, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat yang terdapat di IKN Jagat Nusantara, di antaranya: Istana Presiden atau Presidential Palace Cinema Art Gallary Clothing Store Street Show Zero Point Monument. Jagat Nusantara juga menghadirkan tempat untuk merek tertentu, seperti Sociolla Store dan Noice Podcast Space.