JEFF BAZOS

Jeffrey Preston Bezos (lahir di Albuquerque, New Mexico, 12 Januari 1964) adalah pengusaha terkaya di dunia sepanjang sejarah modern. Ia adalah pendiri, chairman, CEO, presiden dan pemilik saham mayoritas perusahaan teknologi terbesar di dunia Amazon.com. Kekayaan bersihnya US$ 165 miliar (sekitar Rp 2.500 triliun). Lulusan Universitas Princeton, Bezos pernah menjadi anggota Phi Beta Kappa, bekerja sebagai analis keuangan untuk D. E. Shaw & Co. sebelum mendirikan Amazon pada tahun 1994. Ia pernah dipilih sebagai Person of the Year oleh majalah TIME.

https://id.wikipedia.org/wiki/Jeff_Bezos

BILL GATES

William Henry "Bill" Gates III (lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955) adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Ia menduduki peringkat tetap di antara orang-orang terkaya di dunia dan menempati peringkat pertama sejak 1995 hingga 2009, tidak termasuk 2008 ketika ia turun ke peringkat tiga.

Gates termasuk salah seorang pengusaha revolusi komputer pribadi terkenal di dunia. Meski demikian, taktik bisnisnya dikritik karena dianggap anti-kompetitif. Pada tahap-tahap akhir kariernya, Gates melakukan beberapa usaha filantropi dengan menyumbangkan sejumlah besar dana ke berbagai organisasi amal dan program penelitian ilmiah melalui Bill & Melinda Gates Foundation yang didirikan tahun 2000.

Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pejabat eksekutif tertinggi di Microsoft pada bulan Januari 2000. Ia masih menjabat sebagai ketua dan membentuk jabatan kepala arsitek perangkat lunak. Pada Juni 2006, Gates mengumumkan bahwa ia akan bekerja paruh waktu di Microsoft dan purna waktu di Bill & Melinda Gates Foundation. Ia melimpahkan secara bertahap semua pekerjaannya kepada Ray Ozzie, kepala arsitek perangkat lunak, dan Craig Mundie, pejabat riset dan strategi tertinggi Microsoft. Hari kerja purna waktu terakhir Gates di Microsoft adalah 27 Juni 2008. Saat ini, ia masih bekerja di Microsoft sebagai ketua non-eksekutif.

https://id.wikipedia.org/wiki/Bill_Gates

WARREN BUFFEET

Warren Edward Buffett (lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, 30 Agustus 1930) adalah seorang investor, pengusaha, dan pilantropis asal Amerika Serikat. Dia adalah investor tersukses di dunia. Buffett adalah komisaris, direktur utama, dan sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway. Dia adalah orang terkaya ketiga di dunia tahun 2015 versi Forbes. Tahun 2012, majalah Time memasukan Buffett sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia.

Buffett sering disebut "Wizard of Omaha" (Penyihir dari Omaha) atau "Oracle of Omaha" (Peramal dari Omaha), dan dikenal karena kesetiaannya pada metode investasi value investing, dan untuk gaya hidupnya yang frugal meskipun memiliki kekayaan yang begitu besar. Buffett juga adalah seorang philanthropist yang sangat berdedikasi, yang bersumpah akan menyumbangkan 99 % kekayaannya untuk keperluan2 philanthropic, mayoritas via Gates Foundation. Pada 11 April 2012 Buffett didiagnosis menderita kanker Prostat, dan berhasil sembuh pada September 2012. Buffett juga aktif berkontribusi pada urusan politik, seperti memberikan support kepada Hillary Clinton sebagai kandidat Presiden dari partai Demokrat untuk pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2016.

https://id.wikipedia.org/wiki/Warren_Buffett

BERNARD ARNAUL

Mengenal Bernard Arnault, Orang Terkaya ke-4 di Dunia Pemilik Louis Vuitton. Merdeka.com - Merek fashion terkenal Louis Vuitton mungkin tak asing lagi bagi kalangan atas. Sosok Bernard Arnault adalah orang di balik merek tersebut. Bernard Arnault memiliki kekayaan mencapai USD 80,8 miliar atau sekitar Rp 1.129 triliun.

https://www.merdeka.com/uang/mengenal-bernard-arnault-orang-terkaya-ke-4-di-dunia-pemilik-louis-vuitton.html

https://en.wikipedia.org/wiki/Bernard_Arnault

MARK ZUCKERBERG

Mark Elliot Zuckerberg (lahir 14 Mei 1984) adalah seorang pemrogram komputer dan pengusaha Internet. Ia dikenal karena menciptakan situs jejaring sosial Facebook bersama temannya, yang dengan itu ia menjadi pejabat eksekutif dan presiden. Facebook didirikan sebagai perusahaan swasta pada tahun 2004 oleh Zuckerberg dan teman sekelasnya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes ketika menjadi mahasiswa di Universitas Harvard. Pada tahun 2010, Zuckerberg terpilih sebagai Person of the Year versi majalah Time. Hingga 2011, kekayaan pribadinya ditaksir mencapai $17,55 miliar.

https://id.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg

AMANCIO ORTEGA

Amancio Ortega Gaona, lahir 28 Maret 1936 adalah pebisnis Spanyol. Ia merupakan ketua sekaligus pendiri grup busana Inditex, perusahaan yang menguasai jaringan toko pakaian dan aksesoris Zara. Menurut Forbes, per 7 September 2016, Ortega merupakan orang terkaya di Eropa dan orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih US$79,5 miliar. Saat ini ia tinggal bersama istri keduanya di sebuah apartemen tertutup di pusat kota A Coruña, Galicia, Spanyol.

https://id.wikipedia.org/wiki/Amancio_Ortega

CARLOS SLIM HELU

Carlos Slim Helú (lahir 28 Januari 1940) adalah seorang pengusaha dan filantropis. Ia adalah pemimpin utama dan CEO perusahaan telekomunikasi Teléfonos de México dan América Móvil. Pada tahun 2011, Slim dinobatkan oleh Forbes menjadi orang terkaya di dunia untuk kedua kali secara berturut-turut dengan kekayaan bersih berkisar US$74 miliar.

Carlos Slim lahir Mexico City, Mexico pada tahun 1940 dari pasangan Kristen Maronite Julián Slim Haddad dan Linda Helú. Keduanya menikah pada bulan Agustus 1926 dan merupakan keturunan Lebanon. Ayahnya, yang lahir dengan nama Khalil Slim Haddad, pada masa mudanya melarikan diri ke Meksiko pada tahun 1902 untuk menghindari pemerintahan militer keras dari Kekaisaran Ottoman. Empat orang kakak laki-lakinya sebelumnya sudah menentap di Meksiko.

Ibunya, Linda Helú, lahir in Parral, Chihuahua, dari orang tua imigran asal Lebanon yang datang ke Meksiko pada akhir abad ke-19. Kedua orang tuanya adalah perintis majalah berbahasa Arab pertama untuk komunitas Lebanon-Meksiko dengan sebuah mesin cetak yang dibawa saat bermigrasi.

Pada tahun 1911, Julian mendirikan toko bahan pakaian La Estrella del Oriente. Kemudian tahun 1921, ia membeli sejumlah rumahan mewah di distrik komersial pusat kota Mexico City, yang menjadi penyumbang besar kekayaannya.

https://id.wikipedia.org/wiki/Carlos_Slim_Hel%C3%BA

CHARLES KOCH

Charles de Ganahl Koch adalah seorang Pengusaha Amerika dan Filantropis. Dia adalah Co-Pemilik, Ketua Dewan, dan CEO dari Koch Industries, sementara saudaranya David H. Koch menjabat sebagai Executive Vice President. Charles dan David masing-masing memiliki 42% dari Konglomerat. Mereka mewarisi bisnis dari ayah mereka, Fred C. Koch, kemudian meluaskan usaha mereka.Awalnya terlibat secara eksklusif dalam, penyulingan minyak dan bahan kimia.Koch Industries sekarang termasuk proses dan pengendalian polusi peralatan dan teknologi; polimer dan serat; mineral; pupuk; perdagangan dan jasa komoditas; hasil hutan dan konsumen; dan peternakan.Usaha memproduksi berbagai merek terkenal, seperti Stainmaster karpet, Lycra merek Serat Spandex, Quilted Northern dan Dixie Cup.

https://id.wikipedia.org/wiki/Charles_Koch

DAVID KOCH

David Hamilton Koch (lahir 3 Mei 1940 – meninggal 23 Agustus 2019 pada umur 79 tahun) adalah pebisnis, filantropis, aktivis politik, dan teknisi kimia Amerika Serikat. Para 1970, ia bergabung dengan perusahaan milik keluarga Koch Industries, perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika Serikat. Ia menjadi presiden Koch Engineering tahun 1979, lalu pemilik Koch Industries bersama kakaknya, Charles, tahun 1983. Ia menjabat wakil presiden eksekutif sampai pensiun pada Juni 2018. Setelah pensiun, Koch diberi gelar jabatan Direktur Emeritus.

Koch adalah seorang libertarian. Ia merupakan calon Wakil Presiden Amerika Serikat mewakili Partai Libertarian Amerika Serikat pada tahun 1980 dan ikut mendanai kampanyenya sendiri. Ia mendirikan Citizens for a Sound Economy. Ia menyumbang ke berbagai kelompok advokasi politik dan kampanye politik, hampir semuanya dari Partai Republik. Per Juni 2019, ia adalah orang terkaya ke-11 di dunia (US$48 miliar). Condé Nast Portfolio menjulukinya "salah satu filantropis paling dermawan dan tidak banyak bicara di Amerika Serikat". Koch menyumbang ke beberapa badan amal, antara lain Lincoln Center, Sloan Kettering, New York-Presbyterian Hospital, dan Dinosaur Wing di American Museum of Natural History. New York State Theater di Lincoln Center, tempat bernaungnya New York City Ballet, berganti nama menjadi David H. Koch Theater pada tahun 2008 setelah ia menghibahkan $100 juta untuk mendanai renovasi teater. Koch adalah orang terkaya ke-4 di Amerika Serikat pada tahun 2012 dan warga terkaya di New York City pada tahun 2013.

https://id.wikipedia.org/wiki/David_Koch

LARRY ELLISON

Lawrence Joseph Ellison (lahir di Manhattan, New York, Amerika Serikat, 17 Agustus 1944) adalah salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation.

Ellison memiliki bakat dalam matematika, dan pada masa mudanya bekerja untuk Perusahaan Ampex. Salah satu proyeknya adalah gudang data untuk CIA yang ia beri nama "Oracle".

https://id.wikipedia.org/wiki/Larry_Ellison

MICHAEL BLOOMBERG

Michael Rubens Bloomberg (lahir 14 Februari 1942) adalah pendiri Bloomberg L.P., multi-miliarder dan wali kota di New York City dari 2002 sampai 2014. Ia adalah mitra umum di Salomon Brothers sebelum mendirikan perusahaan layanan perangkat lunak finansial tahun 1981.

Politikus ini adalah anggota Partai Demokrat selama beberapa tahun, namun kemudian berpindah ke Partai Republikan pada tahun 2001, dan dalam partai itulah, ia menjadi wali kota di New York. Ia dipilih kembali pada tahun 2005.

Pada tanggal 19 Juni 2007 Michael Bloomberg meninggalkan Partai Republikan sebagai calon independen. Bloomberg adalah seorang Yahudi. Leluhurnya adalah orang Yahudi-Rusia.

https://id.wikipedia.org/wiki/Michael_Bloomberg

LARRY PAGE

Lawrence Edward "Larry" Page (lahir di Lansing, Michigan, 26 Maret 1973) adalah salah satu pendiri dari mesin pencari internet Google bersama Sergey Brin. Sejak 4 April 2011, ia menjabat sebagai Chief Executive Officer/CEO di Google Inc. menggantikan Eric Schmidt.

https://id.wikipedia.org/wiki/Larry_Page

SERGEY BRIN

Sergey Mikhailovich Brin (lahir di Moscow, Soviet Union, 21 Agustus 1973) adalah seorang pengusaha Amerika . Lahir di Rusia, Brin mempelajari ilmu komputer dan matematika sebelum mendirikan Google dengan Larry Page. Brin adalah presiden teknologi pada Google dan mempunyai net worth perkiraan pada $18.7 miliar, yang membuatnya menjadi orang nomor 26 terkaya di dunia.

https://id.wikipedia.org/wiki/Sergey_Brin

JIM WALTON

Jim Carr Walton (lahir 1948) adalah anak termuda dari pendiri Wal-Mart Sam Walton. Ia menjabat sebagai Chairman di Bank Arvest. Dengan kekayaan sekitar $16.8 miliar, ia menempati urutan ke-23 dalam peringkat orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Ia menikah dengan Lynne McNabb Walton dan mempunyai empat anak, termasuk Alice Anne Walton dan Thomas Layton Waltoh. Walton dan keluarganya tinggal di Bentonville, Arkansas.

https://id.wikipedia.org/wiki/Jim_Walton

ROBSON WALTON

Samuel Robson "Rob" Walton (lahir 28 Oktober 1944) adalah pewaris kekayaan Walmart, pengecer terbesar di dunia. Dia adalah putra tertua Helen Walton dan Sam Walton. Dia menjabat sebagai Ketua Walmart dari 1992 hingga 2015. Pada Oktober 2019, Walton memiliki kekayaan bersih $ 52,9 miliar, menjadikannya orang terkaya ke-17 di dunia.

https://en.wikipedia.org/wiki/S._Robson_Walton

ALICE WALTON

Alice Louise Walton (lahir 7 Oktober 1949) adalah pewaris Amerika atas kekayaan Walmart Inc. Dia adalah putri pendiri Walmart Sam Walton dan Helen Walton, dan saudara perempuan S. Robson Walton, Jim Walton dan almarhum John T. Walton.

Pada September 2016, ia memiliki lebih dari US $ 11 miliar saham Walmart. Pada April 2019, ia menduduki peringkat sebagai orang terkaya ke-16 di dunia dan wanita terkaya kedua, dengan kekayaan bersih diperkirakan $ 45 miliar.

https://en.wikipedia.org/wiki/Alice_Walton

MA HUATENG

Ma Huateng (Bahasa Mandarin: 马化腾; pinyin: Mǎ Huàténg, lahir pada tanggal 29 Oktober 1971), juga dikenal sebagai Pony Ma, adalah raja bisnis, investor, politisi, dan dermawan Tiongkok. Dia adalah pendiri, ketua dan kepala eksekutif Tencent, perusahaan paling bernilai di Asia, salah satu perusahaan Internet dan teknologi terbesar, dan konglomerat investasi, permainan dan hiburan terbesar di dunia. Perusahaan ini mengontrol layanan pesan instan seluler terbesar di China dan anak perusahaannya menyediakan media, hiburan, sistem pembayaran, telepon pintar, layanan terkait internet, layanan bernilai tambah, dan layanan iklan online, baik di China maupun global.

Pada tahun 2007, 2014, dan 2018, majalah Time memanggilnya salah satu orang paling berpengaruh di dunia, sedangkan pada 2015, Forbes menganggapnya sebagai salah satu orang paling kuat di dunia. Pada 2017, Fortune menempatkannya sebagai salah satu pengusaha top tahun ini. Pada tahun 2018, ia dinobatkan sebagai salah satu "Orang Paling Kuat di Dunia" oleh majalah CEOWORLD. Ma adalah wakil Kongres Rakyat Kota Shenzhen dan merupakan delegasi dalam Kongres Rakyat Nasional ke-12.

Menjadi salah satu "pemimpin terbesar dunia Fortune", Ma dikenal karena kepribadiannya yang rendah hati dibandingkan dengan kepribadian pengusaha Jack Ma yang lain. Ma telah sangat dekat dibandingkan dengan investor Amerika Warren Buffett untuk filosofi investasi yang sama, dan sering digambarkan sebagai "akuisisi agresif".

Pada Agustus 2019, ia adalah orang terkaya di Tiongkok, dan terkaya ke-20 di dunia, dengan kekayaan bersih US $ 37,7 miliar. Pada 21 November 2017, ia melampaui Larry Page dan Sergey Brin untuk menjadi orang terkaya kesembilan di dunia, dan warga negara pertama dari Republik Rakyat Tiongkok yang masuk dalam daftar 10 orang terkaya pria versi Forbes.

https://en.wikipedia.org/wiki/Ma_Huateng

FRANCOISE BETTENCOURT MAYERS

Françoise Bettencourt Meyers adalah pewaris miliarder Perancis dan penulis komentar Alkitab dan bekerja pada hubungan Yahudi-Kristen. Dia adalah satu-satunya anak perempuan dan pewaris Liliane Bettencourt, dan keluarganya memiliki perusahaan L'Oréal. Dia menikahi Jean Pierre Meyers, cucu seorang rabi yang dibunuh di Auschwitz, dan mereka memutuskan untuk membesarkan anak-anak mereka Jean-Victor (1986) dan Nicolas (1988) sebagai orang Yahudi. Pernikahannya menimbulkan kontroversi karena uji coba kakeknya Eugène Schueller untuk kolaborasi dengan pemerintah Nazi; dia adalah pendiri L'Oreal.

Pada 2008, ia menuntut François Marie Banier karena mengambil uang dari ibunya, dan ia mulai memproses agar ibunya dinyatakan tidak kompeten secara mental. Pengungkapan dalam rekaman rahasia yang dia gunakan sebagai bukti menyebabkan skandal Woerth-Bettencourt. Pada bulan Desember 2010, Bettencourt Meyers mengumumkan bahwa ia telah menyelesaikan persidangan dengan ibunya dan Banier. Ibunya meninggal pada September 2017 ketika kekayaan bersihnya sekitar $ 39,5 miliar, yang menjadikan Bettencourt Meyers salah satu dari 20 orang terkaya di dunia. Pada Oktober 2019, ia adalah wanita terkaya di dunia, dengan kekayaan diperkirakan $ 59,3 miliar, menurut Bloomberg.

https://en.wikipedia.org/wiki/Fran%C3%A7oise_Bettencourt_Meyers

MUKESH AMBANI

Mukesh Ambani (lahir di Yaman, 19 April 1957) adalah seorang pengusaha dan milyader asal India. Ia menjabat sebagai pemimpin, direktur pengelola, dan pemilik saham terbesar (sebanyak 48%) di Reliance Industries, perusahaan swasta terbesar di India yang termasuk dalam perusahaan Fortune 500.

Forbes memperkirakan Ambani memiliki harta kekayaan sebesar US43 miliar, membuatnya menempati posisi sebagai orang India terkaya kedua, di bawah pengusaha baja Lakshmi Mittal.

Mukesh dan adiknya Anil adalah anak dari pendiri perusahaan Reliance Industries, Dhirubhai Ambani.

https://id.wikipedia.org/wiki/Mukesh_Ambani

JACK MA

Jack Ma (lahir di Hangzhou, Zhejiang, Tiongkok, 10 September 1964) merupakan seorang pebisnis berkebangsaan Tionghoa. Dia merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Dia merupakan warga China Daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia. Pada 2015, ia masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia pada urutan ke-22.

https://id.wikipedia.org/wiki/Jack_Ma